KISI-KISI
UJIAN NASIONAL SMK
41.
BAHASA INDONESIA SMK
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami isi berbagai bentuk
wacana nonsastra seperti berbagai teks bacaan dari media cetak, laporan,
petunjuk kerja, aturan, otobiografi, biografi, grafik, matriks, bagan,
diagram, denah, dan jadwal; dan bentuk wacana sastra seperti prosa,
puisi, dan drama, serta menanggapi isinya secara kritis.
|
Menentukan unsur-unsur isi wacana.
|
Menentukan jenis laporan.
|
||
Menentukan isi petunjuk kerja.
|
||
Menentukan isi riwayat
hidup/biografi.
|
||
Menentukan isi grafik/matriks.
|
||
Menentukan tanggapan terhadap isi
paragraf.
|
||
Menentukan penggunaan berbagai
jenis kata.
|
||
Menentukan kalimat tanya yang
sesuai dengan konteks.
|
||
Menentukan perubahan makna kata.
|
||
Menentukan ungkapan/peribahasa
dalam teks.
|
||
Menentukan unsur intrinsik puisi.
|
||
Menentukan unsur intrinsik
cerpen/novel/drama.
|
||
Menentukan unsur ekstrinsik novel.
|
||
2.
|
Menulis berbagai teks dalam
konteks bermasyarakat; membuat parafrasa;
menulis
jenis-jenis wacana (naratif, deskriptif, ekspositoris, argumentatif);
meringkas teks; menyimpulkan isi teks; menulis proposal, surat, dan laporan.
|
Melengkapi kalimat rumpang.
|
Menentukan kalimat efektif.
|
||
Menentukan kalimat padu.
|
||
Melengkapi paragraf rumpang.
|
||
Menentukan penulisan kata sesuai
EYD.
|
||
Menentukan jenis karangan.
|
||
Menentukan pola pengembangan
paragraf.
|
||
Menentukan penulisan berbagai
unsur proposal.
|
||
Menentukan penulisan bagian-bagian
surat.
|
||
Menentukan penulisan jenis-jenis
surat.
|
||
Menentukan penulisan unsur-unsur
karya ilmiah.
|
||
Menentukan catatan isi rapat.
|
||
Menentukan bagian-bagian isi
laporan.
|
||
Menentukan kalimat pengumuman.
|
||
Menentukan kalimat poster.
|
42.
BAHASA INGGRIS SMK
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
INDIKATOR
|
1.
|
Mendengarkan
Memahami
ungkapan-ungkapan instruksi-instruksi, percakapan dan monolog sederhana untuk
kepentingan kehidupan, konteks profesional maupun pribadi pada tingkat novice,
elementary maupun intermediate.
|
Picture
|
Menentukan pernyataan lisan dengan
tepat tentang kegiatan yang sedang berlangsung di dalam ruangan (indoor)/di
luar ruangan (outdoor) sesuai dengan gambar.
|
||
Menentukan pernyataan lisan dengan
tepat tentang lokasi suatu benda/posisi seseorang sesuai dengan gambar.
|
||
Menentukan pernyataan lisan dengan
tepat tentang penampilan (ciri-ciri fisik) seseorang/deskripsi benda sesuai
dengan gambar.
|
||
Menentukan pernyataan lisan
tentang keadaan/situasi di suatu tempat/gedung/wilayah, sesuai dengan gambar.
|
||
Questions-Response
|
||
Menentukan respons yang tepat
terhadap ungkapan saran/permohonan yang diberikan secara lisan.
|
||
Menentukan respons yang tepat
terhadap ungkapan yang mendeskripsikan benda/perbandingan suatu benda secara
lisan.
|
||
Menentukan respons yang tepat
terhadap ungkapan yang mengungkapkan kejadian/peristiwa di
koran/berita/kejadian yang dialami seseorang secara lisan.
|
||
Menentukan respons yang tepat
terhadap ungkapan tentang arah atau lokasi suatu tempat/keberadaan seseorang
yang diberikan secara lisan.
|
||
Short Conversation
|
||
Menentukan gambaran umum/informasi
tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dari percakapan singkat
tentang suatu kemungkinan/rencana yang diberikan secara lisan.
|
||
Menentukan gambaran umum/informasi
tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dari percakapan singkat
tentang kegiatan sehari-hari/di waktu lampau/di waktu akan datang yang
diberikan secara lisan.
|
||
Menentukan gambaran umum/informasi
tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dari percakapan singkat
tentang pemesanan sesuatu/pemberitahuan tentang keadaan suatu barang yang
diberikan secara lisan.
|
||
Menentukan gambaran umum/informasi
tertentu/ informasi rinci tersurat/ informasi tersirat dari percakapan
singkat tentang suatu perbandingan/pemilihan benda yang diberikan secara
lisan.
|
||
Short Talk (Monolog)
|
||
Menentukan gambaran umum/informasi
tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dengan tepat dari
monolog singkat yang diberikan secara lisan tentang proses
pengerjaan/pembuatan suatu barang/prosedur melakukan sesuatu.
|
||
Menentukan gambaran umum/informasi
tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dengan tepat dari
monolog singkat yang diberikan secara lisan tentang pengalaman kerja/kegiatan
atau aktivitas di sekolah/pusat bisnis.
|
||
Menentukan gambaran umum/informasi
tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dengan tepat dari
monolog singkat yang diberikan secara lisan yang berbentuk pengumuman
singkat/iklan.
|
||
2.
|
Membaca
Memahami
kata-kata dan istilah asing serta kalimat sederhana berdasarkan rumus, memo,
menu sederhana, jadwal perjalanan, manual penggunaan peralatan, surat-surat
bisnis dan dokumen-dokumen teknis sederhana pada tingkat novice,
elementary maupun intermediate.
|
Incomplete Dialog
|
Menentukan ungkapan yang
berhubungan dengan permohonan/pemberian saran.
|
||
Menentukan ungkapan yang
berhubungan dengan penanganan tamu/percakapan di telepon/percakapan pribadi.
|
||
Menentukan ungkapan yang
berhubungan dengan kejadian masa lampau/kejadian yang sedang berlangsung.
|
||
Menentukan ungkapan yang
berhubungan dengan undangan/pesan singkat.
|
||
Menentukan ungkapan yang
berhubungan dengan perijinan/pemberitahuan.
|
||
Menentukan ungkapan yang
berhubungan dengan keluhan/meminta/memberi bantuan.
|
||
Menentukan ungkapan yang
berhubungan dengan perintah/permohonan/saran.
|
||
Menentukan ungkapan yang
berhubungan dengan rencana/janji yang akan datang.
|
||
Menentukan ungkapan yang
berhubungan dengan pengandaian/pilihan tindakan.
|
||
Menentukan ungkapan yang
berhubungan dengan penyampaian rasa simpati/persetujuan.
|
||
Menentukan ungkapan yang
berhubungan dengan pemberian arah/lokasi suatu benda/tempat/posisi seseorang.
|
||
Menentukan ungkapan yang
berhubungan dengan kegiatan rutin/kegiatan masa lampau.
|
||
Menentukan ungkapan yang
berhubungan dengan pemesanan suatu barang/ jasa.
|
||
Menentukan ungkapan yang
berhubungan dengan suatu kemungkinan/ pendapat.
|
||
Menentukan ungkapan yang
berhubungan dengan kegiatan yang sedang berlangsung/suatu rencana.
|
||
Error Recognition
|
||
Menentukan kata/frasa yang benar
untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan perbandingan
benda/orang.
|
||
Menentukan kata/frasa yang benar
untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan
dengan deskripsi benda/tempat.
|
||
Menentukan kata/frasa yang benar
untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan
dengan penawaran/persuasi/ permohonan.
|
||
Menentukan kata/frasa yang benar
untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan
dengan deskripsi fisik seseorang (physical appearance)/benda.
|
||
Menentukan kata/frasa yang benar
untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan
dengan yang berhubungan dengan pengandaian/membuat pilihan.
|
||
Menentukan kata/frasa yang benar
untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan
dengan penyampaian perasaan suka/simpati.
|
||
Reading Comprehension
|
||
Menentukan pikiran utama/gambaran
umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna
kata/frasa dari surat bisnis/memo/pesan.
|
||
Menentukan pikiran utama/gambaran
umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna
kata/frasa dari sebuah tabel/diagram/jadwal/grafik.
|
||
Menentukan pikiran utama/gambaran
umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna
kata/frasa dari teks recount tentang pengalaman kerja/kejadian yang dialami.
|
||
Menentukan pikiran utama/gambaran
umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna
kata/frasa dari sebuah teks procedure tentang mengerjakan sesuatu seperti
manual/resep/petunjuk.
|
||
Menentukan pikiran utama/gambaran
umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna
kata/frasa dari teks iklan (advertisement) tentang sebuah
produk/tempat/jasa.
|
43.
MATEMATIKA SMK (KELOMPOK TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN)
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
INDIKATOR
|
1.
|
Melakukan operasi bilangan real
dan menerapkannya dalan bidang kejuruan.
|
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan untung rugi.
|
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan perbandingan.
|
||
Menentukan hasil operasi bilangan
berpangkat.
|
||
Menyederhanakan bentuk akar.
|
||
Menentukan nilai dari operasi
bentuk logaritma.
|
||
2.
|
Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan fungsi, persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat.
|
Menentukan gradien atau persamaan
garis.
|
Menentukan titik potong, titik
puncak, atau persamaan grafik fungsi kuadrat.
|
||
3.
|
Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear.
|
Menentukan himpunan penyelesaian
pertidaksamaan linear satu variabel.
|
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel.
|
||
4.
|
Menyelesaikan masalah program
linear.
|
Menentukan model matematika atau
daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear.
|
Menentukan nilai optimum fungsi
objektif.
|
||
5.
|
Menyelesaikan masalah matriks dan
vektor serta menerapkannya dalam bidang kejuruan.
|
Menentukan hasil operasi pada
matriks.
|
Menentukan unsur-unsur yang belum
diketahui pada kesamaan dua matriks.
|
||
Menentukan hasil operasi pada
vektor.
|
||
Menentukan besar sudut antara dua
vektor.
|
||
6.
|
Memahami konsep keliling dan luas
bangun datar, luas permukaan dan volume bangun ruang serta menerapkannya
dalam bidang kejuruan.
|
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan keliling atau luas bangun datar.
|
Menentukan luas dan volume suatu
bangun ruang.
|
||
7.
|
Menerapkan prinsip-prinsip logika
matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk
dan pernyataan berkuantor.
|
Menentukan nilai kebenaran
pernyataan majemuk.
|
Menentukan negasi dari pernyataan
majemuk.
|
||
Menentukan konvers, invers, atau
kontraposisi dari pernyataan berbentuk implikasi.
|
||
Menarik kesimpulan dari dua
premis.
|
||
8.
|
Menerapkan konsep perbandingan
trigonometri dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan panjang salah satu sisi
segitiga siku-siku menggunakan perbandingan trigonometri.
|
Menentukan koordinat kutub bila
diketahui koordinat kartesius atau sebaliknya.
|
||
Menentukan nilai selisih dua
sudut, bila diketahui perbandingan trigonometri sinus dan tangen.
|
||
9.
|
Menyelesaikan masalah dengan
konsep peluang.
|
Menyelesaikan masalah menggunakan
konsep permutasi atau kombinasi.
|
Menentukan peluang atau frekuensi
harapan suatu kejadian.
|
||
10.
|
Menerapkan aturan konsep statistik
dalam pemecahan masalah.
|
Menginterpretasikan data yang
disajikan dalam bentuk diagram.
|
Menentukan cara/langkah untuk
menentukan modus data berkelompok.
|
||
Menghitung mean dari data
berkelompok.
|
||
Menentukan simpangan baku dari
data tunggal.
|
||
Menentukan kuartil dari data
berkelompok.
|
||
11.
|
Menggunakan konsep limit fungsi
dan turunan fungsi dalam penyelesaian masalah.
|
Menentukan nilai limit fungsi
aljabar.
|
Menentukan turunan fungsi aljabar
dalam bentuk
f(x)
= .
|
||
12.
|
Menggunakan konsep integral dalam
penyelesaian masalah.
|
Menentukan integral dari fungsi
aljabar.
|
Menentukan luas daerah yang
dibatasi dua kurva.
|
||
Menentukan volume benda putar.
|
||
13.
|
Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan barisan dan deret.
|
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan barisan dan deret.
|
44.
MATEMATIKA SMK (KELOMPOK AKUNTANSI DAN PENJUALAN)
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
INDIKATOR
|
1.
|
Melakukan operasi hitung pada
bilangan real dan dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
|
Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan perbandingan.
|
Menyederhanakan pecahan bentuk
akar.
|
||
2.
|
Memahami konsep persamaan dan
pertidaksamaan, program linier, serta dapat menerapkannya dalam pemecahan
masalah.
|
Menentukan penyelesaian sistem
persamaan linier 2 variabel.
|
Menentukan penyelesaian
pertidaksamaan kuadrat.
|
||
Menentukan sistem pertidaksamaan
dari grafik daerah penyelesaian suatu permasalahan program linier.
|
||
Menentukan model matematika dari
permasalahan program linier.
|
||
Menentukan nilai optimum fungsi
objektif dari grafik daerah penyelesaian suatu permasalahan program linier.
|
||
3.
|
Memahami operasi pada matriks.
|
Menentukan hasil operasi matriks.
|
Menentukan invers matriks berordo
2 × 2.
|
||
4.
|
Memahami dan mengaplikasikan
prinsip-prinsip logika matematika dalam menarik kesimpulan.
|
Menentukan ingkaran dari
pernyataan majemuk yang mengandung pernyataan berkuantor.
|
Menentukan kesimpulan yang sah
berdasarkan aturan penarikan kesimpulan (modus ponens, modus tollens,
silogisme) dari dua buah premis yang diketahui.
|
||
5.
|
Menyelesaikan masalah berkenaan
dengan fungsi dan dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
|
Menentukan salah satu unsur pada
perhitungan keseimbangan pasar jika diketahui fungsi permintaan dan fungsi
penawaran.
|
Menentukan titik potong, titik
puncak grafik fungsi kuadrat.
|
||
6.
|
Memahami konsep barisan dan deret.
|
Menentukan rumus suku ke-n suatu
barisan bilangan .
|
Menentukan salah satu unsur dalam
suatu barisan atau deret aritmetika jika unsur-unsur lainnya diketahui.
|
||
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan deret aritmetika.
|
||
Menentukan salah satu unsur dari
suatu barisan atau deret geometri jika unsur-unsur lainnya diketahui.
|
||
7.
|
Memahami konsep keliling dan luas
bangun datar.
|
Menghitung keliling bangun datar
jika diberikan gambar gabungan bangun datar.
|
Menghitung luas gabungan bangun
datar jika diberikan gambar dan unsur-unsur yang berkaitan.
|
||
8.
|
Memahami konsep permutasi dan
kombinasi serta banyak kemungkinan dan peluang suatu kejadian dan dapat
menerapkannya dalam menyelesaikan masalah.
|
Menyelesaikan permasalahan yang
berkaitan dengan permutasi atau kombinasi.
|
Menentukan peluang suatu kejadian.
|
||
9.
|
Memahami pengolahan, penyajian,
dan penafsiran data statistik.
|
Membaca diagram lingkaran/ batang.
|
Menentukan nilai rata-rata sekelompok
data, jika nilai rata-rata gabungan dan jumlah data gabungan diketahui.
|
||
Menentukan proses perhitungan
modus dari data kelompok yang disajikan dalam distribusi frekuensi.
|
||
Menentukan simpangan baku/standar
dari sekelompok data tunggal.
|
||
Menentukan nilai persentil dari
data kelompok yang disajikan dalam tabel distribusi frekuensi.
|
||
Menentukan salah satu unsur pada
perhitungan koefisien variasi jika unsur-unsur lainnya diketahui.
|
||
Menentukan salah satu unsur pada
perhitungan angka baku jika unsur-unsur lainnya diketahui.
|
||
10.
|
Menerapkan konsep matematika
keuangan serta terampil menggunakannya untuk menyelesaikan permasalahan dalam
bidang kejuruan.
|
Menentukan salah satu unsur pada
permasalahan bunga tunggal.
|
Menentukan nilai akhir/nilai tunai
suatu modal dengan bantuan tabel bunga majemuk.
|
||
Menyelesaikan permasalahan nilai
akhir/nilai tunai rente, jika unsur-unsur lainnya diketahui.
|
||
Menyelesaikan permasalahan nilai
tunai rente kekal, jika unsur-unsur lainnya diketahui.
|
||
Menentukan salah satu unsur dari
anuitas jika disajikan tabel rencana pelunasan pinjaman dengan sebagian data.
|
||
Menentukan besar angsuran pada
suatu periode, jika suku bunga dan pinjaman anuitas diketahui.
|
||
Menentukan persentase penyusutan
dengan metode garis lurus, jika unsur-unsur lainnya diketahui.
|
||
Menentukan beban penyusutan pada
suatu periode dari suatu aktiva dengan metode satuan hasil produksi.
|
45.
MATEMATIKA SMK (KELOMPOK PARIWISATA, SENI, DAN KERAJINAN, TEKNOLOGI
KERUMAHTANGGAAN, PEKERJAAN SOSIAL, DAN ADM. PERKANTORAN)
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan konsep operasi bilangan real.
|
Menyelesaikan permasalahan yang
berkaitan dengan perbandingan.
|
Menyelesaikan permasalahan yang
berkaitan dengan skala.
|
||
Menyelesaikan operasi hitung
bilangan berpangkat.
|
||
Menentukan nilai suatu logaritma
dengan menggunakan sifat-sifat logaritma.
|
||
Menyederhanakan operasi bilangan
bentuk akar.
|
||
Menyederhanakan pecahan bentuk
akar dengan cara merasionalkan penyebutnya.
|
||
2.
|
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan, matrik, dan program linear.
|
Menyelesaikan persamaan linear
satu variabel.
|
Menentukan himpunan penyelesaian
suatu pertidaksamaan linear satu variabel.
|
||
Menyelesaikan permasalahan yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel.
|
||
Menyelesaikan permasalahan yang
berhubungan dengan kesamaan matriks.
|
||
Menentukan hasil operasi matriks.
|
||
Menentukan invers matriks berordo
2 x 2.
|
||
Menentukan daerah penyelesaian
dari sistem pertidaksamaan linear.
|
||
Menentukan model matematika suatu
permasalahan program linear.
|
||
Menentukan nilai optimum suatu
permasalahan program linear.
|
||
3.
|
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan keliling dan luas daerah bangun datar.
|
Menentukan keliling dan luas
bangun datar.
|
Menyelesaikan permasalahan yang
berkaitan dengan keliling dan luas bangun datar.
|
||
4.
|
Menerapkan konsep barisan dan
deret dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan suku ke-n suatu deret
aritmetika dan geometri.
|
Menentukan jumlah n suku pertama
suatu deret aritmetika dan geometri.
|
||
Menyelesaikan permasalahan yang
berkaitan dengan deret aritmetika dan geometri.
|
||
Menentukan jumlah deret aritmetika
dan geometri tak hingga.
|
||
5.
|
Menerapkan aturan konsep
statistika dalam pemecahan masalah.
|
Membaca diagram lingkaran atau
batang.
|
Menyelesaikan soal yang berkaitan
dengan hitung rata-rata data.
|
||
Menentukan rata-rata hitung dari
data tunggal berbobot.
|
||
Menentukan ukuran pemusatan data
berkelompok.
|
||
Menentukan rata-rata harmonis
data.
|
||
Menentukan nilai desil dari data
berkelompok.
|
||
Menentukan simpangan baku dari
data tunggal.
|
||
Menentukan angka baku.
|
||
Menentukan koefisien variasi suatu
data.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Berikan komentar pada blog kami guna meningkatkan kreatifitas kami dalam dunia blogger